Rabu, 08 Juni 2011

Kuliah saat usiaku tak lagi muda

Bicara kuliah,,aku tak pernah membayangkan apakah otak aku masih mampu untuk berfikir tentang ilmu pengetahuan???Tapi motifasi aku untuk sekolah sangat besar.Mengapa???Hmmmm alasan yang sederhana sepertinya..saat kecil aku punya cita cita jadi guru,jadi penulis,jadi psikolog...bagaimana bisa kalau tanpa legalitas?
Di masaku dulu,,perempuan tak perlu sekolah ,,esok ia akan ternafkahi oleh suami.Yang penting bisa mengurus keluarga dengan baik,,itu tugas utama perempuan.Ok..seperti itu..aku menerima paradigma yang terlanjur aku yakini.
Banyak perempuan yang sekolah tinggi ,berakhir di rumah.Setinggi tinginya perempuan sekolah,tetap suami yang jadi kepala keluarga..
Sekali lagi,,paradigma yang keliru menurutku
Orientasi aku bukan uang,,walaupun tak menampik bahwa semuanya tak akan berjalan tanpa uang...
Sekolahku saja perlu biaya yang tak sedikit..Terus terang,aku sedikit menuntut suamiku untuk Ridlo membiayai aku sekolah.
Berkarir atau tidak,,aku meyakini bahwa ketika aku sekolah,,maka aku menabung untuk masa depan.Pembekalan  agar aku bisa mandiri,dan berharaf ada perubahan mindset aku tentang hidup.
Oh ya,,tentunya bukan hanya mencari legalitas yang menjadi tujuan..mungkin aku orang yang dendam pada ilmu pengetahuan..buatku menjadi satu kebahagiaan disaat aku bisa melakukan hal hal yang baru,dan tadinya tak mungkin aku lakukan..
Akhirnya aku memilih ilmu keguruan yang kuanggap paling sesuai dengan idealisme yang aku anut.Walaupun tetap,,di zaman sekarang idealisme itu seperti tak lagi berharga.

Mengajar adalah pekerjaan sangat berat jika dilakukan sesuai keharusan ilmu mengajar yang aku pelajari.
Sebagai pribadi pun harus mencerminkan kepribadian pengajar .Apalagi jika guru bukan hanya disebut pengajar,tapi juga pendidik.Tugas yang lebih besar tentunya.

Tapi tak perlu terlalu terbabani juga.jika aku yakin mampu bertanggung jawab atas beratnya tugas itu,,maka yakin saja aku bisa menjalaninya.
Terus terang,banyak ketidak puasan selama aku menimba ilmu di intitusi ini.selain waktu yang terlalu panjang hanya untuk gelar S1,juga banyak mata kuliah yang tidak di tutorialkan,sedangkan mata kuliah itu sangat penting dan tak bisa dipelajari sendiri.Mencari dosen tambahan???Seharusnya memang seperti itu,,Tapi sudah cukup rasanya jika aku bisa share dengan orang orang yang mengerti di bidangnya..
Untuk sekarang..puas tidak puas,aku harus menerima kenyataan,kalau aku belum menemukan seorangpun yang bisa aku ajak berbincang mengenai ini...

2 komentar:

  1. kita bisa share bu, tentang dunia pendidikan....aku msh di smester V Pendidikan Ilmu Komputer..

    BalasHapus
  2. aku br smester IV de,ngambil PENDAS PGSD di UT.

    BalasHapus